manusia yang percaya dan meyakini akan adanya hari akhir ia akan selalu menyadari bahwa segala perbuatannya di dunia akan diperhitungkan di akhirat kelak peristiwa tersebut dinamakan Yaumul?

banner 1200 x 630 pixels

Pelajarteladan.com – Kali ini kita akan belajar soal manusia yang percaya dan meyakini akan adanya hari akhir ia akan selalu menyadari bahwa segala perbuatannya di dunia akan diperhitungkan di akhirat kelak peristiwa tersebut dinamakan Yaumul?. Mari kita bahas soal tersebut untuk menjawab pertanyaan dengan tepat.

Soal: manusia yang percaya dan meyakini akan adanya hari akhir ia akan selalu menyadari bahwa segala perbuatannya di dunia akan diperhitungkan di akhirat kelak peristiwa tersebut dinamakan Yaumul?

A. .hisab
B. mizan
C. baats
D. jaza

Kunci jawabannya adalah: A. hisab.
Dilansir dari Encyclopedia Britannica, manusia yang percaya dan meyakini akan adanya hari akhir ia akan selalu menyadari bahwa segala perbuatannya di dunia akan diperhitungkan di akhirat kelak peristiwa tersebut dinamakan yaumul hisab.

Pembahasan :

Hisab adalah istilah dalam bahasa Arab yang berarti perhitungan atau kalkulasi. Dalam konteks agama Islam, hisab merujuk pada perhitungan atau penghitungan tentang waktu-waktu ibadah seperti waktu shalat dan puasa. Selain itu, hisab juga digunakan untuk menghitung kewajiban zakat dan membahas masalah-masalah terkait dengan perhitungan dalam Islam. Hisab juga dapat digunakan dalam konteks umum untuk merujuk pada perhitungan matematis atau kalkulasi lainnya dalam berbagai bidang.

A. Hisab: pengertian hisab adalah perhitungan atau kalkulasi dalam Islam.
B. Mizan: pengertian mizan adalah timbangan yang digunakan dalam Islam sebagai simbol keadilan dan pengukur kebaikan dan keburukan amal manusia pada hari kiamat.

C. Baats: pengertian baats adalah istilah dalam bahasa Arab yang berarti berbicara atau berdiskusi.

D. Jaza: pengertian jaza adalah istilah dalam bahasa Arab yang berarti balasan atau pembalasan, terutama dalam konteks agama Islam yang merujuk pada balasan dari Allah SWT atas perbuatan manusia di akhirat.

Demikian jawaban dari soal tersebut. Pengen tahu jawaban soal yang lain? Kamu bisa menggunakan kolom pencarian untuk menemukan kunci jawaban yang benar.