Salah satu perbedaan besar antara e-business dan e-commerce adalah?

Pelajarteladan.com – Kali ini kita akan belajar soal Salah satu perbedaan besar antara e-business dan e-commerce adalah?. Mari kita bahas soal tersebut untuk menjawab pertanyaan dengan tepat.

Soal: Salah satu perbedaan besar antara e-business dan e-commerce adalah?

A. membeli melalui internet
B. tidak ada jawaban
C. customer services pada marketplace untuk menangani komplain
D. menjual melalui internet

Kunci jawabannya adalah: C. customer services pada marketplace untuk menangani komplain.
Dilansir dari Encyclopedia Britannica, salah satu perbedaan besar antara e-business dan e-commerce adalah customer services pada marketplace untuk menangani komplain.

Pembahasan :

E-commerce (Electronic Commerce) atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai perdagangan elektronik, merujuk pada kegiatan jual beli produk atau layanan melalui internet atau platform elektronik. E-commerce melibatkan transaksi bisnis yang dilakukan secara online, mulai dari pembelian produk atau layanan, pembayaran, pengiriman, hingga layanan purna jual.

E-commerce dapat melibatkan berbagai jenis transaksi, antara lain:

  1. E-commerce B2B (Business-to-Business): Transaksi perdagangan elektronik yang terjadi antara perusahaan atau bisnis, di mana produk atau layanan dibeli atau dijual antara satu perusahaan dengan perusahaan lain.
  2. E-commerce B2C (Business-to-Consumer): Transaksi perdagangan elektronik yang terjadi antara perusahaan atau bisnis dengan konsumen, di mana produk atau layanan dibeli atau dijual langsung kepada konsumen.
  3. E-commerce C2B (Consumer-to-Business): Transaksi perdagangan elektronik yang terjadi antara konsumen dengan perusahaan atau bisnis, di mana konsumen menyediakan produk atau layanan kepada perusahaan atau bisnis.
  4. E-commerce C2C (Consumer-to-Consumer): Transaksi perdagangan elektronik yang terjadi antara konsumen dengan konsumen lain, di mana konsumen menjual atau membeli produk atau layanan dari konsumen lain melalui platform elektronik.
  5. E-commerce lainnya: Selain tipe transaksi di atas, ada juga jenis-jenis lain dari e-commerce, seperti e-commerce B2G (Business-to-Government) yang melibatkan transaksi antara perusahaan atau bisnis dengan pemerintah, dan e-commerce sosial yang melibatkan transaksi dalam lingkungan jejaring sosial.

E-commerce telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, memungkinkan konsumen dan bisnis untuk berinteraksi, bertransaksi, dan berkomunikasi secara online tanpa batasan geografis. E-commerce juga telah mengubah cara bisnis dilakukan, termasuk dalam hal pemasaran, pembayaran, pengiriman, dan layanan pelanggan.

Demikian jawaban dari soal tersebut. Pengen tahu jawaban soal yang lain? Kamu bisa menggunakan kolom pencarian untuk menemukan kunci jawaban yang benar.