...

Volume Prisma Trapesium – PelajarTeladan

Pelajarteladan.com – Saat ini kita akan membahas soal Volume Prisma Trapesium – Pelajarteladan.com. Ayo kita ulas soal tersebut dengan tepat.

Rumus Volume Prisma Trapesium

 

Jawaban

Rumus volume prisma trapesium adalah ½ × (jumlah sisi sejajar) × tinggi trapesium × tinggi prisma.

 

Pembahasan

Prisma trapesium adalah bentuk prisma yang memiliki dua sisi alas yang berbentuk trapesium dan empat sisi tegak yang berbentuk segiempat sama kaki. Kedua alas pada prisma trapesium memiliki ukuran yang berbeda, sehingga bentuknya menyerupai sebuah trapesium.

Secara matematis, luas permukaan prisma trapesium dapat dihitung dengan menjumlahkan luas seluruh sisi-sisinya. Rumus luas permukaan prisma trapesium adalah sebagai berikut:

L = 2L₁L₂ + L₁t + L₂t

Dimana L adalah luas permukaan, L₁ dan L₂ adalah panjang sisi alas trapesium, dan t adalah tinggi prisma.

Sedangkan rumus volume prisma trapesium adalah sebagai berikut:

V = ½ × (jumlah sisi sejajar) × tinggi trapesium × tinggi prisma.

Dimana V adalah volume prisma trapesium, L₁ dan L₂ adalah panjang sisi alas trapesium, t adalah tinggi prisma, dan L₃ adalah panjang salah satu sisi tegak prisma.

Prisma trapesium sering digunakan dalam matematika dan fisika sebagai model geometris untuk memvisualisasikan konsep-konsep tertentu atau sebagai objek yang dianalisis dalam percobaan fisika. Selain itu, prisma trapesium juga dapat digunakan dalam desain arsitektur atau dalam pembuatan patung atau instalasi seni.

Jadi, rumus volume prisma trapesium adalah ½ × (jumlah sisi sejajar) × tinggi trapesium × tinggi prisma.

Referensi :
Wikipedia.org
Ruangguru.com

Demikian jawaban dari soal tersebut. Pengen tahu jawaban soal lainnya? Kamu dapat menggunakan menu pencarian untuk menemukan kunci jawaban yang benar.

error: Content is protected !!